Sun. Dec 16th, 2018

SNIA 2017

Sypnosis Tema SNIA 2017

Internal Audit Dynamics : Be Insightful, Proactive, Future-focused

Organisasi menghadapi perubahan lingkungan semakin kompleks.  Salah satu yang harus dihadapi organisasi, adalah kondisi perekonomian, yang di-dunia yang semakin tanpa batas ini,  sangat terkait dengan perekonomian global yang fluktuatif, memasuki era the new normal. Sebagai upaya memperbaiki kondisi perekonomian, pemerintah sejak September 2015 telah mengeluarkan 14 paket kebijakan ekonomi, bersama kebijakan strategis lainnya, seperti amnesti pajak.  Organisasi juga harus menghadapi tuntutan pelanggan yang semakin sophisticated, dan perkembangan teknologi yang memungkinkan pembuatan produk baru, pelayanan baru, cara komunikasi baru, proses bisnis baru dan bahkan model bisnis baru yang mengarah kepadaberkembangnya digital economy, dimana antara lain pelayanan tanpa memerlukan tatap muka secara fisik lagi.

Perubahan lingkungan yang harus direspons oleh organisasi ini, akan memicu dinamika pada Internal Audit, sebagai profesi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan dan melindungi nilai organisasi (The Most Necessary Profession to Enhance and Protect Organizational Value).  Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, dinamika mengandung arti kondisi yang penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan. Dinamika didalam Internal Audit sangat diperlukan, agar Internal Audit tetap relevan, dalam arti tumbuh kembang bersama dan mendukung organisasi dalam mencapai tujuannya.  Tema SNIA kali ini sengaja mengangkat aspek dinamika, sesuai dengan budaya dan karakter masyarakat Sumatera Utara umumnya dan Medan khususnya yang dinamis dan lugas dalam berkomunikasi dan bersikap.  Selanjutnya dikaitkan dengan prinsip yang harus dikedepankan sehubungan dengan perubahan lingkungan, Tema SNIA 2017 adalah: “Internal Audit Dynamics : be Insightful, Proactive, Future-focused”

Insightful adalah wawasan atau pemahaman yang penuh dan mendalam, tentang permasalahan yang dihadapi organisasi, kondisi internal dan eksternal organisasi,  sehingga bisa memberikan usulan solusi terbaik agar organisasi dapat mencapai tujuannya. Dengan insightful, Internal Audit  dapat melihat permasalahan dalam jarak pandang yang lebih jauh (beyond horizon). Pro-active atau proaktif menggambarkan kondisi mengendalikan situasi dan bukan merespon setelah terjadi suatu permasalahan. Jelas proaktif adalah lawan kata dari reaktif. Internal Audit yang proaktif akan selalu melakukan antisipasi atas permasalahan yang akan terjadi, sehingga bisa menghindarkan organisasi dari kejutan (surprise) yang tiba-tiba terjadi yang harus direspon dengan tergopoh-gopoh dan dengan sedikit pilihan. Sedangkan Future focusedataufokus padamasadepan, terkait Internal Audit berorientasi kepada risikoataupotensipermasalahan pada masa depan yang dapatmengganggupencapaiantujuanorganisasi dan bukan kepada permasalahan masa lalu. Kegagalan atau kesalahan pada masa lalu memang perlu untuk didalami, tetapi lebih kepada konteks agar kegagalan atau kesalahan serupa tidak terjadi lagi pada masa depan.

Dengan tema SNIA 2017 tersebut diatas, peserta akan  bertambah wawasan dan pengetahuan yang akan mempermudah adaptasi menyesuaikan diri dalam lingkungan yang terus berubah. Internal Auditor hendaknya berwawasan penuh (insightful), proaktif (pro-active) dan fokus pada masa depan (future focused) agar dapat tumbuh kembang bersama dan mendukung organisasi dalam mencapai tujuannya. Pembahasan dalam seminar akan lebih banyak berdasarkan pengalaman atau hal-hal  yang sudah dilaksanakan oleh para nara sumber. SNIA 2017 yang akan dihadiri sekitar 500 orang peserta ini, merupakan sarana yang baik untuk pengembangan networking antar peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *