Wed. Nov 14th, 2018

SNIA 2012

SEMINAR NASIONAL INTERNAL AUDIT TAHUN 2012

 

INTERNAL AUDIT YANG EFEKTIF

MEMPERKOKOH POSISI PERUSAHAAN

 

Dalam era globalisasi seperti dewasa ini, hampir semua perusahaan menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan-tantangan tersebut antara lain berupa persaingan yang makin ketat, karena perusahaan disamping bersaing dengan perusahaan sejenis dari dalam negeri juga harus bersaing dengan multinational company yang masuk dan beroperasi di dalam negeri. Tantangan yang lain adalah makin meningkatnya tuntutan konsumen. Mereka menuntut mutu yang lebih baik, pelayanan yang prima, on time delivery dan harga yang tidak tinggi. Konsumen makin selektif dan banyak pilihan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi disamping membawa manfaat dan juga menumbuhkan tantangan-tantangan tersendiri.

Disamping tantangan-tantangan tersebut, Pimpinan dalam mengelola perusahaan senantiasa harus memperhatikan hal-hal yang sensitif yaitu kelestarian lingkungan hidup dan aspek-aspek yang menyangkut hak asasi manusia.

Oleh karena itu Pimpinan harus cermat dalam mengelola perusahaan sehingga tercipta efisiensi, efektivitas kerja, dan daya saing yang kuat (competitive advantage) melalui hasil produksi dan jasa yang unggul, pelayanan yang prima, harga yang wajar serta citra perusahaan yang baik.

Pencapaian tujuan seperti dimaksud diatas dipengaruhi oleh efektivitas kepemimpinan Pimpinan perusahaan dalam melaksanakan fungsi manajemen dan mengelola faktor manajemen yang meliputi tangible dan intangible.

Dalam perusahaan, Internal Audit merupakan fungsi manajemen yang strategis. Internal Audit memiliki tugas pokok dan fungsi yang meliputi pengelolaan risiko, pengendalian intern, good corporate governance dan anti fraud.

Mutu pencapaian tujuan perusahaan sangat dipengaruhi oleh efektivitas tugas pokok dan fungsi internal audit dalam proses pengelolaan perusahaan, lebih-lebih dalam lingkungan dunia usaha yang cepat berubah dan penuh tantangan dewasa ini.

Internal Audit dituntut menjadi navigator, yang membantu Pimpinan perusahaan mencapai kinerja yang baik sekaligus mampu menghadapi tantangan-tantangan perusahaan.

Internal Audit yang efektif akan memperkokoh posisi perusahaan dalam melaksanakan proses pengelolaan, menghasilkan dan meningkatkan produksi dan jasanya, memberikan pelayanan yang prima, menciptakan keuntungan dan memupuk kekayaan serta membentuk citra baik perusahaan.

YPIA sebagai pusat pelatihan Internal Audit yang profesional (The Internal Audit Professional Training Center) setiap tahun mengadakan Seminar Nasional Internal Audit (SNIA). Tempat penyelenggaraan SNIA pada tahun-tahun yang lalu adalah tahun 2004 dan 2005 di Jakarta, tahun 2006, 2007 dan 2010 di Jogyakarta, tahun 2008 di Palembang – Sumatera Selatan, tahun 2009 di Denpasar – Bali, dan tahun 2011 di Batam, Kepulauan Riau dengan tema-tema yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan.

Khusus untuk SNIA tahun 2012, kami merencanakan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur.

Sedang tema SNIA-2012 di Surabaya, Jawa Timur terinspirasi dan diilhami oleh Ikon Semen Gresik “KOKOH TAK TERTANDINGI” kami mencanangkan tema :

INTERNAL AUDIT YANG EFEKTIF MEMPERKOKOH POSISI PERUSAHAAN

Selanjutnya tema tersebut akan dijabarkan dan tercermin pada topik-topik yang akan dibahas dalam Keynote Speech, Diskusi Panel, Special Speech dan Track.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *